Langsung ke konten utama

Korea: Drama dan Musik



Ada yang suka drama atau musik Korea? Wow...!!! Banyak juga ternyata ^.^ Di Indonesia, demam Korea ini bukan hal baru dan bukan juga terjadi akhir-akhir ini. Cause, waktu SMP dulu aku inget banget ada temen yang gila Korea. Waktu itu tu hari Sabtu, & di sekolah ada acara gitu. Nah... teman aku satu ini ampe sore udah hampir maghrib belum dateng juga. Ternyata, setelah diinterogasi dia ngliat bintang Korea di TV, Rain, yang waktu itu berkunjung ke Indonesia. Sekitar tahun 2005 ato 2006 gitu (Dah lama juga ternyata). Ya Tuhan... Begitu cintanya dia terhadap Korea. 

Ternyata, demam drama atau musik Korea juga telah menyerang adik-adik aku sendiri (khususnya yang cewek). Aku pikir, ini pada kenapa suka Korea. Biasa aja ah, pikirku waktu itu. Masuk SMA juga, ada lagi yang suka Korea. Masuk kuliah, tambah banyak yang suka Korea. Ini orang-orang pada kenapa si suka Korea?!

Aku tu yang paling sebel dulu ama salah satu stasiun tv yang nayangin drama Korea. Kenapa? Itu jadi bahan rebutan remot tau nggak. Si adik pengen nonton drama Korea, akunya pengen yang lain. Yang kayak gini ni jadi numpang di TV tetangga. Hehehe.

Dan sampai suatu hari, sebagai kakak aku insaf, ngalah buat ikutan nonton drama Korea. Jadi, drama Korea yang pertama aku tonton adalah Naughty Kiss, yang kayaknya tayang 2011 deh. Dari judulnya aja dah bau aneh gini, gimana isinya. Ternyata, drama ini nyeritain ada sebuah sekolah yang di situ ada murid paling pinter dan ada satunya lagi murid paling gak pinter. Ada perjuangan gimana caranya biar bisa naik peringkat juga. Kocak-kocak campur haru gitu deh. Terus... Ah, pasti dah pada ngerti ceritanya. :-D Yang belum ngerti, tanya ama yang udah ngerti. Hehe. Dari semua drama Korea yang pernah ditayangin di TV Indonesia, cuma drama ini  doang yang mau aku tonton. Lainnya gak, males.  #belum_dibukakan_pintu_hati_untuk_suka_drama_Korea

Kesan yang aku dapet waktu nonton drama ini adalah “Wah... Bagus ni ternyata jalan ceritanya.” Gak ruwet kayak sinetron Indonesia. Lagipula ini drama juga cuma 16 episode. Dikit banget...  Bikin, gak bosen yang nonton. Jadi pengen bilang ke para produser sinetron Indonesia buat meminimalisir  jumlah episode sinetron2. Biar kreatif, ada ide baru buat bikin cerita lain. Gak itu mulu. Bikin gregetan.


Seakan jadi karma. Dulu jelek-jelekin orang yang suka Korea. Masa kuliah, ternyata aku sendiri malah suka Korea juga. Ini adalah akibat dari bergaul dengan para pecinta Korea. Dulu aku sering berpikir, apakah mungkin semua negara punya musik tradisional? Khusus negara Asia Timur, China dan Jepang sudah sering dan berulang kali denger musik tradisional mereka. Tapi Korea, apa Korea juga punya? Soalnya selama ini kan belum pernah denger. Pertanyaan ini akhirnya dijawab oleh drama Korea, Heartstring, drama Korea kedua yang aku tonton, tahun 2014. Disini nyeritain tentang musik modern yang dikolaborasikan ama musik tradisional. Wah... Keren...!!! Dari drama ini aku jadi ngerti ada alat musik yang namanya gayageum, semacam kecapi gitu. Terus jadi tahu pakaian tradisional Korea yang ternyata namanya hanbok. Drama ini juga punya soundtrack yang keren banget, dan berhasil membuatku untuk download soundtrack2-nya... Hehe. 

Kalau nonton drama korea, disitu biasanya ada pengambilan gambar di suatu lokasi yang mana nama tempat lokasinya selalu ditulis menggunakan alfabet Korea. Misal toko sepatu, di situ tulisan toko sepatu pasti menggunakan alfabet Korea. Ini huruf ada yang bulat, kotak, lurus aja kayak huruf ‘i’, emang bisa ya dibaca? Pertanyaan bodoh dan jawabannya adalah ‘ya iyalah bisa...’ Nah, habis nonton Heartstring itu, langsung nyari guru di youtube buat ngajarin alfabet Korea, termasuk cara baca dan nulis. 

Akhirnya ketemulah dengan Jenny Lee dari seemile.com. Dia ngajarinnya enak gitu walau lewat video. Dijelasin juga siapa yang nyiptain huruf ini, bagaimana sejarahnya. Jadi paham aku sama alfabet Korea. Dan ini adalah hasil dari belajar dari seemile.com.  Misal mau nulis anyeonghaseyo, ? Kalau suatu saat bisa ketemu ama Jenny Lee, aku pengen bilang 감사함니다 선생님 (gamsahamnida sonsengnim/terimaksih guru) terimakasih sudah ngajarin alfabet Korea :-D

Kenapa aku nyempetin buat belajar alfabet Korea? Pertama, biar ada nilai lebih. Jadi gak cuma sekedar nonton tapi juga ada nilainya. T emen-temen aku banyak yang heran, baru itu nonton Heartsring dan aku paling bontot yang suka Korea tapi udah bisa alfabet Korea. Kedua, gak pengen buta huruf aja. Jadi biar ngerti alfabet dari negara-negara lain. Kan selama ini cuma ngerti alfabet biasa kayak gini ama Arab dan pastinya huruf  Jawa. Berawal dari sini akhirnya sekarang merambah ke Hiragana, huruf  Yunani dan huruf Thailand. Dan belajar alfabet dari beberapa negara itu menyenangkan. Coba deh. :-D Ketiga, karena kalau mau nerjemahin dari bahasa Indonesia ke bahasa korea, hasil terjemahan dari google translate selalu makai hangul (alfabet Korea). Inilah alasan yang paling penting kenapa aku nyempetin diri buat belajar hangul. 

Kebanyakan drama Korea ceritanya menarik dan bervariasi. Setuju gak? Jadi antara drama satu ma yang lain gak sama. Kalau punya kita, misal yang lagi trend tentang manusia jadi-jadian, nanti yang lain pada ngikut. Jadilah ada manusia harimau, manusia serigala, dan manusia-manusia yang lain. Kalau aku sendiri, untuk drama atau film Korea lebih seneng nonton yang ceritanya adalah pemecahan kasus. Kayak Ghost, Healer, Blind. Atau kaya model perampokan gitu, hehe. Kayak The Con Artist, Thieves (film ini sekalian pemecahan kasus juga). Kesan nonton drama yang kayak gini ni nunjukin pinternya mereka dalam memecahkan masalah, dan cerdasnya mereka memanfaatkan teknologi untuk dijadikan properti dalam drama.

Ambil contoh aja drama Ghost. Di drama ini banyak istilah-istilah tentang komputer, jaringan internet yang asing buat aku. Karena asing inilah jadi pengin ngerti apa si maksudnya. Dan satu yang menarik, di sini ada salah satu adegan yang nyeritain tentang penyembunyian file di dalam gambar, atau yang biasa kita kenal dengan steganografi. Anehnya yang menyadari ada file yang tersembunyi ini cuma satu orang. Dari file itu terungkaplah kejahatan si pelaku. Karena drama ini, jadi nyari di internet bagaimana cara steganografi. Soalnya, pengin ngerti juga caranya, sekalian ngebuktiin apakah aku juga bisa steganografi? Akhirnya bisa juga, walau harus nyoba lima kali untuk berhasil ^_^ Cause, waktu nyoba sesuai tutorial di internet gagal terus, akhirnya diotak-atik sendiri baru berhasil.

Drama ini juga nyeritain tentang seorang hacker, yang menyadari ada steganografi tadi. Baru tahu lewat drama ini juga kalau mau nge-hack komputer orang harus tahu alamat IP nya, dan cara-cara yang lain. Buat cara-cara yang lain aku gak mau tahu, soalnya ntar malah ketagihan pengin nge-hack komputer orang. Hahaha. Cukup gimana caranya dapat alamat IP, minimal IP komputer sendiri ^.^

Dulu sering mikir kalau di komputer pilih start terus accessories, di situ pasti ada command prompt. Berhubung gak ngerti ini apa dan buat apa, jadinya gak pernah aku buka. Ternyata command prompt atau cmd salah satu fungsinya adalah untuk bikin steganografi atau mencari alamat IP. Selama ini kemana aja baru ngerti... Terimakasih Korea udah bikin drama Ghost yang berhasil membuat penasaran bagaimana cara steganografi dan nyari alamat IP. ^_^

Sekarang bahas musik Korea. Awalnya aneh gitu ya, soalnya gak pernah denger. Asing di bahasanya aja sebenernya. Kalau musiknya si asik-asik saja. Maklum dah, selama ini kan kalau gak lagu Indonesia, lagu Barat yang didengerin. Lagi-lagi adikku yang ngenalin ama musik Korea. Tapi, ya sekali lagi gak tertarik waktu itu. Lagian mereka mainnya boyband. Nyanyi sambil nge-dance, atau bisa jadi sebaliknya. Terus, kalau nonton boyband suka bingung sendiri, orangnya banyak banget, susah pula yang mo ngenalin personilnya. Kalau band kan gampang, paling 4, 5 atau 6 orang paling banyak, dan itu yang vokal juga cuma satu. Jadi, gampang yang mo ngerti personilnya. 


Aku juga gak terlalu ngerti sama maksud dari dance yang mereka tampilkan. Mungkin juga karena bahasa itu tadi, udah gak ngerti liriknya, gak ngerti pula maksud dance-nya. Atau, aku saja yang kurang pinter mengartikan gerakan-gerakan dance. Hahaha. Tapi ada satu boyband, EXO, yang bisa aku paham maksud dari dance-nya. Masih tahun 2014. Tahu EXO di tahun ini dengan lagu mereka Wolf. Kalau dari dance mereka sepertinya mereka ingin menyampaikan bahwa ada serigala yang suka dengan seorang anak manusia. Tapi, apa daya mereka adalah serigala. Werewolf mungkin bisa diartikan semacam itu. Itu adalah dance pertama dari boyband Korea yang bisa aku pahami maksudnya.

Sebenarnya bagus-bagus lagu Korea itu. Karena kan musik adalah bahasa universal yang bisa didengarkan dan diterima oleh semua orang di dunia ini. Masalah orang suka apa gak, itu si udah biasa. Kalau bingung sama boyband, udah gak usah ditonton, dengerin aja lagunya. Lagian, musik kan buat didengerin \\// Kalau aku sendiri untuk musik Korea lebih seneng CNBLUE sama Big Bang. Kalau kamu?

CNBLUE. Band asal Korea yang membuat aku percaya kalau Korea juga punya musisi yang terbentuk dalam group band. #ngaco. Kan yang disajikan di Indonesia rata2 kan boy/girl band, ya wajar kalau aku penasaran “ni Korea punya group band gak sih?” Tahu CNBLUE ini juga gara-gara nonton Heartstring. Kebetulan yang jadi pemain utama adalah Jung Yong Hwa. Berhubung penasaran ni orang sebenarnya siapa, ya udah kepo lewat Google. Akhirnya nemu deh ama CNBLUE.

Big Bang. Kalau yang satu ini dikenalin ama adik dan temen. Mereka sangat berjasa untuk mengenalkan boy band yang gak terlalu kebanyakan nged-dance di MV-nya. Selain itu karya2 lagu Big Bang keren2, arangment musiknya juga kece, MV-nya juga cool. Salut buat Big Bang. Kalau boleh bilang, Big Bang itu kayak big bang theory. Benar2 membuat ledakan besar.

Begitulah ceritaku dari yang gak suka Korea sampai suka Korea. Tapi tetep, sukapun masih pilih-pilih kalau suruh nonton drama atau filmnya. Hehe. Bagi yang gak suka Korea jangan jelek-jelekin yang suka, ntar karma baru tahu rasa. Hehe \\// Ngomong-ngomong gadget kamu merk Korea? Ya udah, berarti kamu mungkin suka Korea dari sudut yang lain :-D 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aurora: Gadis Kecil dari Surga

Waktu itu antara bulan Oktober November 2015 (lupa tepatnya kapan), aku diajak temen –mb Ana- nengokin anak temannya yang sedang sakit di RS Dr. Moewardi Solo. Anak yang sakit itu sebut saja namanya Aurora, dia berindikasi memiliki leukimia. Umurnya masih balita, kira-kira tiga tahun. Badannya kurus, karena dia sulit diajak makan. Hari Jum’at itu, yaitu hari di mana kita nengok ke sana dia sedang membutuhkan transfusi darah 5 kantong, dan yang ia butuhkan adalah golongan darah B. Di PMI kebetulan stoknya tidak ada. Sebenarnya golongan darah ayahnya Aurora sama, tetapi karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan, ia tidak diperkenankan untuk mendonorkan darahnya. Lalu dengan segala usaha, orangtuanya mencari siapa kira-kira dermawan yang rela mendonorkan darahnya. Ayahnya menghubungi beberapa temennya, yang mungkin bisa membantu anaknya. Mungkin ada 2 atau 3 temannya yang sudah mendonorkan darah ke PMI. Tapi sayang, ketika itu setelah sholat Jum’at ayahnya menanyakan darah yang

Guide Me All The Way

Segala sesuatu yang kita miliki di dunia memang tidak ada yang abadi. Semuanya hanya sementara. " Not to take anything for granted, always try to remember it ." Apa yang kita punya dan kita miliki sekarang this all will be end . Harta, keluarga, and everything . Bekal apa yang akan kita bawa besok  ketika berhadapan dengan-Nya? Tak sepatutnya juga kita doubt His love. Because He never let us go astray. Apa yang akan kita persembahkan untuk-Nya?