Langsung ke konten utama

Let's Write!

let's write!
Bikin cerita itu punya kehidupan tersendiri di hidup aku. Bagi penikmat sastra Indonesia kaya' aku gini atau temen-temen semua, rasanya kurang lengkap kalau gak nyoba bikin cerita atau karya sendiri. Karena kita dilahirkan bukan hanya jadi orang yang konsumtif saja, tapi juga produktif. Gak asik donk hidup ini kalau hanya jadi penikmat sastra dan gak nyoba bikin karya sendiri. : )

Awal bikin cerita atau tulisan apapun pasti sulit di awal. Kesulitan kita itu rata-rata sama, yaitu mau dimulai dari mana dan dengan kata apa. Ide si sudah ada, cuman yang mau mengawali tulisan saja yang sulit. Solusinya si satu. Paksa. Paksa aja otak kita buat mikir. Percuma donk punya otak tapi gak dibikin mikir keras. Hahaha. Lama-lama nanti cerita yang kita bikin akan mengalir dan akhirnya selesai juga.

Sama dengan aku waktu itu. Kalau gak dipaksa buat nulis, mungkin gak akan ada aku di blog ini. Gak akan ada cerita yang nongol di majalah. Gak akan ada cerita yang aku ikutkan lomba. #walau belum beruntung buat menang, hehe.


lewat blog, seluruh dunia bisa tahu tulisan kita...
Di era sekarang, buat temen-temen yang pengen karya sastranya bisa langsung terbit gak usah repot-repot kirim ke majalah atau surat kabar. Temen-temen bisa bikin blog sendiri, atau ikutan nge-blog yang dimiliki oleh web yang udah punya nama di Indonesia, kaya kompasiana yang dimiliki oleh kompas.com atau bisa ikutan di blog aneka yess online atau bisa buat note di facebook. Jadi internet tidak hanya sekedar buat nyari informasi berita atau artikel, update status, download film, game atau apapun, atau yang lebih parah buat copy paste tugas kuliah. Internet juga bisa ngebuat kita produktif lewat tulisan-tulisan kita.

Bukan berarti mengirim di majalah atau surat kabar itu jadi terabaikan. Hal itu juga sangat penting, karena akan ada kebahagiaan tersendiri di situ. Selain dapat fee, temen-temen juga bakal ngerasain yang namanya perjuangan. Kalau lewat blog, asal udah di-share, semua orang di dunia ini bisa baca. Tapi, kalau lewat instansi seperti itu, kita bakal tahu apakah tulisan atau karya kita layak terbit atau tidak. Jadinya, ada greget dalam diri kita buat belajar lagi untuk lebih baik.

Akan tetapi, mau nulis lewat blog ataupun lewat majalah atau surat kabar punya peranan terpenting, yaitu melatih kita agar kita menjadi manusia yang produktif, terutama dalam hal tulis menulis. Jadi, jangan hanya baca karya orang melulu. Sekali-kali kita lah yang bikin karya. Percaya deh, kalau udah berhasil bikin satu tulisan, nantinya bakal ketagihan bikin lagi. Karena kita percaya bahwa kita mampu melakukan itu.

Selamat menulis temen-temen ... ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aurora: Gadis Kecil dari Surga

Waktu itu antara bulan Oktober November 2015 (lupa tepatnya kapan), aku diajak temen –mb Ana- nengokin anak temannya yang sedang sakit di RS Dr. Moewardi Solo. Anak yang sakit itu sebut saja namanya Aurora, dia berindikasi memiliki leukimia. Umurnya masih balita, kira-kira tiga tahun. Badannya kurus, karena dia sulit diajak makan. Hari Jum’at itu, yaitu hari di mana kita nengok ke sana dia sedang membutuhkan transfusi darah 5 kantong, dan yang ia butuhkan adalah golongan darah B. Di PMI kebetulan stoknya tidak ada. Sebenarnya golongan darah ayahnya Aurora sama, tetapi karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan, ia tidak diperkenankan untuk mendonorkan darahnya. Lalu dengan segala usaha, orangtuanya mencari siapa kira-kira dermawan yang rela mendonorkan darahnya. Ayahnya menghubungi beberapa temennya, yang mungkin bisa membantu anaknya. Mungkin ada 2 atau 3 temannya yang sudah mendonorkan darah ke PMI. Tapi sayang, ketika itu setelah sholat Jum’at ayahnya menanyakan darah yang

Guide Me All The Way

Segala sesuatu yang kita miliki di dunia memang tidak ada yang abadi. Semuanya hanya sementara. " Not to take anything for granted, always try to remember it ." Apa yang kita punya dan kita miliki sekarang this all will be end . Harta, keluarga, and everything . Bekal apa yang akan kita bawa besok  ketika berhadapan dengan-Nya? Tak sepatutnya juga kita doubt His love. Because He never let us go astray. Apa yang akan kita persembahkan untuk-Nya?