Langsung ke konten utama

Balada Kucing Galau

Cerita ini aku buat waktu habis ospek tahun 2012. Hanya saja baru sempat dipublikasikan.  Ilham kenapa bisa membuat cerita ini adalah waktu itu temen kos sekaligusteman kampus cerita kalau dulu di asrama dia waktu SMA ada kucing borokan yang tak terawat. Dan entah karena mungkin dia galau hidup di asrama yang tak memberikan ruang buat bebas bernapas, akhirnya dia mati ngenes ditabrak mobil. Lagipula siapa yang mau melihara kucing penyakitan? Hanya orang yang berhati welas asih yang mau melihara.
Jadi dari cerita dia itu, tercetuslah buah pikiran untuk bikin cerita Balada Kicing Galau. berhubung buatnya juga tahun 2012, jadi gak usah heran ye kalau masih aku sangkutin ama Annisa Cherry Belle. OK! Jadi sebenarnya ada dasar cerita nyata dari pembuatan tulisan ini. Cuman bumbu khayalannya kebanyakan. Jadi ya... nikmati aja ya fren...
 Akhir kata thanks to temen aku yang udah ceritain tentang kucing ngenes di asramanya. Dan biar kelihatan pinter aku mo ngutip Quote dari Raditya Dika "Hope you will lough along with me". Selmat membaca....

Hai sob! Kenalin nama gua Jhon. Gua kucing cowo’ paling keren di komplek gua. Gua sih bukannya mau sombong, kucing Garfield  kalah keren ama gua. Kenapa? Soalnya dia bulunya belang-belang, orang kalau gak tahu, dia bisa dikira anak macan. Majikan dia aja lebih sayang sama anjingnya daripada ama si Garfield.

kenalin, gua Jhon si kucing unyu...
Gua juga lebih keren daripada Thomas, si kucing  Tom yang gak pernah bisa nangkep tikus, Jerry. Gitu aja gak bisa. Cemen lo Tom! Kaya’ gua dong Tom. Sekali lirik plus siulan maut gua, tikus-tikus itu langsung terpesona. Padahal sebenarnya itu adalah masa akhir kehidupan mereka. Huahahaha.

Ya…. Untuk saat ini temen-temen komplek ngasih gua penghargaan sebagai Kucing Garong 2012. Ganteng dan Rempong. Agak norak sih. Tapi paling gak, para kucing juga punya pagelaran award kayak para artis gitu. Ngomong-ngomong, applause dong buat gua. Gua kan ditetapkan sebagai kucing garong 2012. Ayo… mana tepuk tangannya? Gak ada yang mau ya? Ya udah deh, gua juga gak maksa.
***
gua kalau lagi galau suka pake lensa kuning,
Gua tinggal di sebuah keluarga, namanya keluarga Untung. Jadi, gua untuk banget tinggal di keluarga Untung. Lo jangan ngira mereka keluarga ndeso. Papi Untung ini kontraktor lho. Soalnya dia sering pindah kontrakan, dan jadilah dia seorang kontraktor sejati. Tapi, itu gak memengaruhi ke-cool-an gua sebagai Kucing Garong 2012. Secara gua kucing keturunan raja kucing dari Persia. Badan gua macho, otot kuat, bulu lebat, ketombe jauh-jauh dari gua. Karena gua pake shampoo Lifebuoy. Ye. Lifebuoy harus bangga sama gua. Paling gak ngasih salam tempel gitu, produknya dah gua promosiin.
***
Gua punya cewe’ namanya Chibi. Tau deh tu. Kegandrungan sama Cherry Belle katanya. Semenjak Chibi kenal Cherry Belle, dia langsung promosiin diri sebagai twigirl. Saban hari dia selalu nyanyi ‘baby I love you, love you, love you, so much, bla bla bla’. Ngebuat gua jadi ngambang di udara, padahal gua udah pengen putus dari dia.gara-gara dia lebih mentingin cherry belle daripada gua. Parahnya lagi, dia pengen buat girl band versi kucing! Gua sebenarnya dah bilang ama dia, kalo udah ada trio macan yang mewakili spesies kita. Tapi, dia tetep ngebet pengen bikin girl band. Label rekaman mana coba yang mau nerima mereka. Ckckckck.
Yang paling buat gua galau adalah bapaknya chibi itu dukun. Gua takut disantet kalau mutusin dia. Pernah suatu saat chibi tanya ama gua.
“ Jhon sayang… Gua ama Annisa Cherry Belle cantikan mana?”
Karena gua takut disantet, gua bilang aja, “ Cantikan kamu lah… kamu kan chibi yang paling lumutan.”
Dia langsung komentar, “ Hah??? Apa kamu bilang? Lumutan ?! Maksud lo?! Gua jarang mandi gitu. Ampe lo bilang lumutan?”
“ Bukan gitu, maksud gua lumutan itu, lucu dan imut kan…”
“ Aaa… so sweet… Jadi makin sayang deh sama kamu.”
“ Hehehe”. Berhasil kan gombalan gua. Padahal waktu itu gua udah pengen muntah liat tingkahnya.
Kalau suruh milih, gua mending milih Annisa daripada dia. Bisa dielus, disuapin, digendong,

ya gak? Kalau sama Chibi, dielus enggak, disemprotin iya. Mau nyuapin gua, tapi tangan tak sampai. Kalau yang ketiga, lagi jalan dikit aja dia bilang, “ Jhon… capek…” terpaksa dah gua gendong dia. Kalau gini, gak ada sweet-sweetnya kisah cinta gua.
***
Hingga suatu hari, kejenuhan dan kebetean gua sama Chibi sudah diujung tanduk. (Eh, tapi kan gua gak punya tanduk? Ah, lo semua pada ngerti lah maksud gua). Dengan penuh keberanian, gua ngajak ketemuan si Chibi.
“ Ibi…” panggilan sayang gua ke dia.
penampakan si ibi yg penuh harap ke gua
“ Iya…” jawabnya sok imut kayak Afika.
“ E…”
Gua gak boleh takut. Gua harus tunjukkin kejantanan gua sebagai kucing cowo’ paling garong 2012. Dia masih nunggu gua ngomong.
“ Gini Ibi… Gua minta untuk sementara ini kita temenan dulu aja ya… Soalnya…”
“ Jadi, lo mau minta putus dari gua? Gitu maksudnya? Tega kamu Jhon!!!”
“ Bukan gitu, aku minta temenan aja, bukannya putus”.
“ Itu sama aja bego !!!”
Melihat ekspresi dia kayak gitu, gua semakin seneng soalnya gua semakin cepet putus dari dia. Walau gua tau resikonya. Gua tetep stay cool. Si Chibi mulai nangis, mukanya jadi kelihatan lebih jelek daripada muka aslinya. Gua hanya bisa ketawa dalam hati. Kackackack.
“ Ya udah, kalau gak mau temenan. Gimana kalau sahabatan?”
“ Hua.. hua..!!! Lo emang bego ya Jhon !!! Itu sama aja putus Jhon …” Chibi mengusap air matanya. Entah bagaimana caranya. Kalian bayangkan aja sendiri.
Dia bilang ke gua,” Ya udah kalau itu yang lo mau, gua terima .”
“ Lo gak tanya alasan  gua?”
“ Gak perlu!!!”
Chibi pergi ninggalin gua. Gua mau ngejar dia, tapi males, capek, panas lagi. Mau sms tapi gak punya hape. Ya udahlah, mo di apain lagi. Yang penting gua udah lepas dari genggaman Chibi.
***
Malamnya, gua gak tahu kenapa. Langit yang tadinya penuh bintang dengan sinar rembulan yang begitu menawan, tiba-tiba diselimuti awan yang gak jelas datangnya dari mana. Tiba-tiba pula petir menyambar. Untung yang disambar bukan gua. Langsung aja gua nyuruh pak Untung buat nutup jendela deket beauty bed gua. Maklumlah, gua kan gak bisa nutup jendela sendiri. Daripada gua kenapa-napa mending gua tidur aja.
Esoknya, gua bangun dengan semangat pagi penuh ceria. Biasa… gua langsung cuci muka di wastapel, tempat favorit kalau bangun tidur. Biar bisa sambil liat muka gua yang unyu ini… He he he.
Tapi. “ Tidak…!!! Ada apa dengan muka ama badan gua yang macho ini???!!!”
Ini sungguh kutukan. Bangun-bangun bulu gua pada rontok. Di leher dan punggung gua, masa udah gak ada bulunya? Atau jangan-jangan, gua punya leukemia. Gua gak terima ini!
Gua langsung bilang ke majikan gua. Tapi dia dengernya cuma meang meong aja. Gak mudeng maksud gua. Melihat keadaan gua yang memprihatikan, pak Untung langsung membawa gua ke dokter hewan. Tapi kata dokter, gua cuma salah shampoo. Katanya, “Makanya, pakai shampoo itu jangan pakai Lifebuoy. Pakai Cingooo… Kucing Shampooo… Dijamin lebat, harum dan berkilau.”
Makin galau gua. Tu dokter bukannya meriksa gua, malah promosi shampoo. Ya sudahlah, akhirnya gua pulang digendong pak Untung. Pak Untung emang baik. Makin sayang gua ama pak Untung.
***
Keesokan harinya, gua mendapati diri gua kurus kering. Mana ada borok lagi di kepala gua. Gua makin gundah gulana, galau meracau, resah gelisah. Kalau kayak gini, mana ada cewek yang mo deketin gua.
Jangan-jangan ini santet dari bokapnya Chibi. Tidakkkk!!!! Hal yang gua takutin sungguh benar-benar terjadi. Mana mata gua belekan, kuping gua teleran lagi udah kayak kuping kena jamur.
Gua makin kaget ketika pak Untung bilang, “ Heh!!! Kamu kucing dari pasar mana?! Keluar gak dari rumah ini! Gua paling gak level sama kucing model pasar kumuh kayak lo!”.
Gua Cuma bisa meong meong doang. Gua mau protes tapi gak bisa. Gua gak nyangka, santetan ini sampai ngebuat pak Untung gak bisa ngenalin gua. Bener-bener jago tuh bokapnya Chibi. Tapi, kenapa gua yang harus jadi korban…..!!!!
***
Akhirnya gua bener-bener keluar dari rumah pak Untung. Gua gak tau lagi harus tinggal di mana. Gua gak bisa lagi tidur di beauty bed gua, makan bareng pak Untung. Gua jadi inget Slank, terlalu manis untuk dilupakan.

Langkah gua terhenti ketika gua melihat ada gedung bertuliskan asrama putri. Gua masuk sini aja kali ya. Pikir gua. Kali aja mereka mau ngerawat gua dan gua bisa kembali ke keadaan gua yang normal. Satu hal lagi, gua bisa dapet makan gratis, hahaha. Briliant kan gua.
Gua masuk asrama itu dengan santainya. Tentu saja dengan pasang muka melas, gua masuk ke salah satu kamar yang pintunya terbuka. Di sini ada manusia-manusia cewek yang lagi ngobrol. Entah lagi ngobrolin apa atau lagi ngegosipin siapa. Gua masuk dan memberikan salam manis gua, “ Meowww…”
Saat gua masuk, ada salah seorang dari mereka yang lihat ke gua dan teriak, “ Hey, ada kucing borokan!” yang lain terkaget-kaget dan langsung pada heboh. “Mana-mana!!!”
 “ Itu di depan pintu!”
“ Hey kucing, awas ya jangan masuk! Tetep di situ atau keluar sana! Gak sudi melihara kucing borokan kayak kamu! Awas kalau berani deket-deket!”
Nasib….nasib. Kenapa setelah putus dari Ibi, hidup gua jadi kacau gini. Gak ada yang mau nerima gua. Terpaksa. Belum apa-apa sudah selesai. Gak ada harapan tinggal di asrama ini.
***
Gua keluar dari asrama. Tapi, gua laper. Pengen makan. Gua pengen membuat sejarah ada mantan kucing macho makan di asrama ini. Atau yang lebih menyakitkan, ada kucing borokan makan di dapur asrama elit.
Tapi lagi-lagi, belum apa-apa sudah selesai. Gua diusir dari dapur asrama. Di luar asrama gua ngeliat kucing, yang dia emang bener-bener kucing jalanan lagi ngorek-ngorek sisa makan di tempat sampah. Gua jadi kelihatan lebih jalanan daripada dia. Lihat body gua sekarang yang kayak gini, orang pasti gak percaya kalo gua pernah nerima predikat sebagai kucing cowok garong 2012.
“Eh Borok!”, panggilnya. Gua diem aja.
Gua masih gak ngerasa kalo dia manggil gua. Dia manggil gua lagi. Gua gak nggubris dia. Ah, emang gua pikirin. Saking gemesnya dia karena gua gak noleh-noleh, gua dilempar pakai kepala ikan goreng.
“Eh Borok! Gua cuma pengen ngajak lo makan doang. Ya, gua nyadar si, kalo lo pasti minder kan makan bareng gua. Secara lo kayak gak pernah menikur, pedikur, malah ancur.”
“Apaan sih lo! Gua itu beda ya ama lo! Gak level tau gak makan kepala ikan goreng diambil dari tempat sampah, sama lo lagi makannya! Amit-amit dah gua!”
“Eh, harusnya tuh gua yang ngomong kayak gitu ke lo! Lihat dong, gimana lo gimana gua! Kalo gak mau, nyante aja kali!”
Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi. Aku tenggelam dalam lautan luka dalam.
Tiba-tiba aja tu lagu seliweran di kepala gua. Gua berjalan gontai meninggalkan tu kucing. Seharusnya gua nyadar, kalo gua yang sekarang bukanlah gua yang dulu. Ibi, Sepintas gua teringat wajahnya. Gua ingat masa-masa indah bareng dia. Bodoh banget gua. Kenapa gua mutusin dia, gara-gara dia pengen bikin girl band. Atau yang lebih bodoh lagi, kenapa dulu gua macarin dia. Kenapa? Kenapa ya Tuhan?
Pak untung. Bersamamu ku temukan kehangatan keluarga. Sekarang tak kutemukan lagi hal itu. Hah… terlalu manis untuk dilupakan emang.
‘Brak!!!’
Sebuah mobil menabrak tubuh gua yang tak berdaya. Akhir hidup yang mengenaskan. Lebih mengenaskan karena gak ada yang peduli ama jasad gua. Gua hanya bisa menjerit dalam diam, “Tolonggggg!!!!!”



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aurora: Gadis Kecil dari Surga

Waktu itu antara bulan Oktober November 2015 (lupa tepatnya kapan), aku diajak temen –mb Ana- nengokin anak temannya yang sedang sakit di RS Dr. Moewardi Solo. Anak yang sakit itu sebut saja namanya Aurora, dia berindikasi memiliki leukimia. Umurnya masih balita, kira-kira tiga tahun. Badannya kurus, karena dia sulit diajak makan. Hari Jum’at itu, yaitu hari di mana kita nengok ke sana dia sedang membutuhkan transfusi darah 5 kantong, dan yang ia butuhkan adalah golongan darah B. Di PMI kebetulan stoknya tidak ada. Sebenarnya golongan darah ayahnya Aurora sama, tetapi karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan, ia tidak diperkenankan untuk mendonorkan darahnya. Lalu dengan segala usaha, orangtuanya mencari siapa kira-kira dermawan yang rela mendonorkan darahnya. Ayahnya menghubungi beberapa temennya, yang mungkin bisa membantu anaknya. Mungkin ada 2 atau 3 temannya yang sudah mendonorkan darah ke PMI. Tapi sayang, ketika itu setelah sholat Jum’at ayahnya menanyakan darah yang

Guide Me All The Way

Segala sesuatu yang kita miliki di dunia memang tidak ada yang abadi. Semuanya hanya sementara. " Not to take anything for granted, always try to remember it ." Apa yang kita punya dan kita miliki sekarang this all will be end . Harta, keluarga, and everything . Bekal apa yang akan kita bawa besok  ketika berhadapan dengan-Nya? Tak sepatutnya juga kita doubt His love. Because He never let us go astray. Apa yang akan kita persembahkan untuk-Nya?