Langsung ke konten utama

Fun English #1 : Pembagian Tense

"Belajar bahasa inggris itu pusing. Soalnya harus ngafalin 16 tenses. Jadi males yang mau belajar".

Itu kalimat yang biasa kita dengar, atau sering kita ucapkan ketika belajar bahasa inggris. Dan sering kali kalimat tersebut yang menghambat kita untuk bisa paham belajar bahasa inggris.

Dalam bahasa inggris, tenses tidak perlu kita hafalkan. Asalkan kita paham unsur yang ada dalam tenses, dengan sendirinya atau tanpa kita sadari, kita sudah hafal 16 tenses dalam bahasa inggris.

Tenses mempunyai unsur time dan aspect. Dua hal ini harus kita pegang. Artinya, kalau kita sudah paham bahwa dalam tenses terdapat time dan aspect, kedepannya akan memudahkan kita untuk paham masalah tenses.


Setelah kita mengetahui bahwa tenses terdiri dari time dan aspect. Selanjutnya kita akan mengklasifikasikan macam-macam time dalam bahasa inggris. Time dalam bahasa inggris ada 4 macam, yaitu past, present, future, dan past future. Sudah paham sampai sini?

Well, kalau sudah paham, kita akan beralih ke aspect. Aspect dalam tenses ada 3 macam, yaitu perfect, progressive/continous, dan perfect progressive.

Mari kita beri kode untuk pembagian time dengan angka, dan aspect dengan huruf. Dengan begitu, dapat digambar bagan sebagai berikut :

                                                                     
 

Nah, jangan ketahap selanjutnya sebelum paham pembagian unsur tenses, time, dan aspect. Coba, bagi yang belum paham, baca dan pahami lagi hal-hal sederhana di atas.

Bagaimana? Sekarang sudah paham? Oke, kalau sudah paham, mari kita lanjut ke tahap selanjutnya.
Time, kita jadikan sebagai acuan utama. Jadi, kita telah paham atau telah hafal 4 bentuk tenses, yaitu past, present, future, past future. 4 tenses sudah ada di genggaman. Sekarang kita cari 12 tenses yang tersisa.
Caranya, kita gabungkan antara time dan aspect. Contoh :
1A, 1B, 1C. didapatlah past perfect, past progressive, dan past perfect progresive.

Mudah bukan? Sekarang, mari kita tuntaskan 16 tenses yang harus kita pelajari dalam bahasa inggris.




Jadi, kunci dalam paham atau hafal 16 tenses adalah kita harus paham dan mengetahui pembagian dari time dan aspect. Ketika dua hal tersebut sudah ada dalam genggaman, maka untuk menjabarkan 16 tenses, bukanlah perkara yang sulit.


Semoga bermanfaat teman-teman . . .
Salam bahagia

^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aurora: Gadis Kecil dari Surga

Waktu itu antara bulan Oktober November 2015 (lupa tepatnya kapan), aku diajak temen –mb Ana- nengokin anak temannya yang sedang sakit di RS Dr. Moewardi Solo. Anak yang sakit itu sebut saja namanya Aurora, dia berindikasi memiliki leukimia. Umurnya masih balita, kira-kira tiga tahun. Badannya kurus, karena dia sulit diajak makan. Hari Jum’at itu, yaitu hari di mana kita nengok ke sana dia sedang membutuhkan transfusi darah 5 kantong, dan yang ia butuhkan adalah golongan darah B. Di PMI kebetulan stoknya tidak ada. Sebenarnya golongan darah ayahnya Aurora sama, tetapi karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan, ia tidak diperkenankan untuk mendonorkan darahnya. Lalu dengan segala usaha, orangtuanya mencari siapa kira-kira dermawan yang rela mendonorkan darahnya. Ayahnya menghubungi beberapa temennya, yang mungkin bisa membantu anaknya. Mungkin ada 2 atau 3 temannya yang sudah mendonorkan darah ke PMI. Tapi sayang, ketika itu setelah sholat Jum’at ayahnya menanyakan darah yang

Guide Me All The Way

Segala sesuatu yang kita miliki di dunia memang tidak ada yang abadi. Semuanya hanya sementara. " Not to take anything for granted, always try to remember it ." Apa yang kita punya dan kita miliki sekarang this all will be end . Harta, keluarga, and everything . Bekal apa yang akan kita bawa besok  ketika berhadapan dengan-Nya? Tak sepatutnya juga kita doubt His love. Because He never let us go astray. Apa yang akan kita persembahkan untuk-Nya?